DEFINISI TOEFL
Test of English as a Foreign Language disingkat TOEFL adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris (logat Amerika) yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke universitas diAmerika Serikat atau negara-negara lain di dunia. Ujian ini sangat diperlukan bagi pendaftar atau pembicara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Ujian TOEFL ini diselenggarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat untuk semua peserta tes di seluruh dunia.
Jenis tes bahasa Inggris TOEFL ini pada umumnya diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada hampir semua universitas di Amerika Serikat dan Kanada baik untuk programundergraduate (S-1) maupun graduate (S-2 atau S-3). Hasil tes TOEFL ini juga dipakai sebagai bahan pertimbangan mengenai kemampuan bahasa Inggris dari calon mahasiswa yang mendaftar ke universitas di negara lain, termasuk universitas di Eropa dan Australia. Secara umum, tes TOEFL lebih berorientasi kepada American English, dan sedikit berbeda dengan jenis tes IELTS yang berorientasi kepada British English. Tidak seperti tes IELTS, tes TOEFL ini pada umumnya tidak mempunyai bagian individual interview test. Selain itu TOEFL pada dewasa ini sudah mulai digunakan dalam dunia kerja sebagai salah satu mekanisme rekruitment atau jenjang kenaikan pangkat.
Biasanya tes ini memakan waktu sekitar tiga jam dan diselenggarakan dalam 4 bagian, yaitu bagian:
Test of English as a Foreign Language disingkat TOEFL adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris (logat Amerika) yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke universitas diAmerika Serikat atau negara-negara lain di dunia. Ujian ini sangat diperlukan bagi pendaftar atau pembicara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Ujian TOEFL ini diselenggarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat untuk semua peserta tes di seluruh dunia.
Jenis tes bahasa Inggris TOEFL ini pada umumnya diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada hampir semua universitas di Amerika Serikat dan Kanada baik untuk programundergraduate (S-1) maupun graduate (S-2 atau S-3). Hasil tes TOEFL ini juga dipakai sebagai bahan pertimbangan mengenai kemampuan bahasa Inggris dari calon mahasiswa yang mendaftar ke universitas di negara lain, termasuk universitas di Eropa dan Australia. Secara umum, tes TOEFL lebih berorientasi kepada American English, dan sedikit berbeda dengan jenis tes IELTS yang berorientasi kepada British English. Tidak seperti tes IELTS, tes TOEFL ini pada umumnya tidak mempunyai bagian individual interview test. Selain itu TOEFL pada dewasa ini sudah mulai digunakan dalam dunia kerja sebagai salah satu mekanisme rekruitment atau jenjang kenaikan pangkat.
Biasanya tes ini memakan waktu sekitar tiga jam dan diselenggarakan dalam 4 bagian, yaitu bagian:
·
listening comprehension,
·
grammar structure and written expression,
·
reading comprehension, dan
·
writing.
JENIS TOEFL DAN SKORNYA
Tes bahasa inggris TOEFL terdiri dari dua jenis yaitu Computer-based
Testing dan Paper-Based Testing. Model Computer-based
Testing adalah tes yang menggunakan media komputer. Skor penilaian
model ini berada pada kisaran 216-677. Sedangkan Paper Based Testing adalah
tes yang menggunakan kertas sebagai media pengujiannya. Skor penilaian dengan
model ini berada pada kisaran 450-550 ke atas. Nilai hasil ujian TOEFL
berkisar antara: 310 (nilai minimum) sampai 677 (nilai maximum) untuk versi PBT(paper-based
test).
Sejak tahun 1998, tes TOEFL ini diadakan secara online
dengan menggunakan komputer (Computer-based Testing/CBT), dan sejak
tahun 2005 disebut iBT (Internet-based Test). Di tempat-tempat yang
belum bisa melaksanakan CBT atau iBT (karena belum ada fasilitas komputer dan
jaringan internetnya), ujian TOEFL ini masih tetap diadakan secara manual
menggunakan kertas dan potlot (paper-based test atau PBT). Informasi
lebih lengkap tentang tes CBT dan paper-based TOEFL berkaitan dengan
pendaftaran, lokasi penyelenggaraan, biaya, dan bahan-bahan persiapan tes dapat
dilihat di situs resmi TOEFL, http://www.toefl.org (hasil
ujian TOEFL versi CBT mempunyai nilai berkisar antara 0 sampai 300, sementara
nilai untuk iBT adalah dari 0 sampai 120).
Akhir-akhir ini penyelenggara tes TOEFL juga
mengadakan jenis tes TWE (Test of Written English) yang hasil
nilainya terpisah dari nilai tes TOEFL. Tes ini memakan waktu selama 30 menit,
dan peserta akan diminta untuk menuliskan karangan singkat yang menggambarkan
mengenai kemampuan peserta untuk mengekspresikan dan menuangkan suatu gagasan
atau ide, serta mendukung gagasan itu dengan contoh-contoh yang terdapat dalam
kehidupan sehari-hari dengan menggunakan bahasa Inggris yang standar. Bila TWE (Test
of Written English) termasuk bagian yang diujikan, biasanya tes ini
dilaksanakan sebelum ujian Listening Comprehension.
PERBEDAAN OFFICIAL TOEFL ETS IBT
DENGAN TOEFL ITP TEST
Ketika
membicarakan mengenai TOEFL test, tak jarang orang akan menyinggung mengenai
TOEFL ITP ( Institutional Testing Program ) dan International / official TOEFL
ETS. Pada dasarnya, kedua jenis tes ini memiliki kesamaan. International /
official TOEFL test menunjuk pada TOEFL test yang diselenggarakan oleh ETS (
Educational Testing Service ) yang berpusat di Amerika Serikat. Dan TOEFL ITP
adalah salah satu jenis tes TOEFL yang juga diselenggarakan oleh ET secara
lokal.
Tapi,
bila membicarakan perbedaannya, international / official TOEFL akan lebih
menunjuk pada tes TOEFL yang berformat iBT ( internet Based Test ) karena
format inilah yang sekarang umum digunakan dibandingkan TOEFL PBT ( Paper Based
Test ). Perbedaan pertama antara ITP dan official TOEFL adalah pada kemampuan
yang diujikan. Pada Official TOEFL (iBT) test, kemampuan yang diujikan meliputi
reading comprehension, listening, writing dan speaking. Sedangkan, pada TOEFL
ITP test, kemampuan berbahasa Inggris yang diujikan meliputi listening
comprehension, structure and Written expression, dan reading comprehension.
Jadi, bisa dilihat bahwa ITP tidak menguji kemampuan berbicara secara aktif. Perbedaan
lainnya adalah tentang masalah rentangan yang ada dalam proses penilaian. Pada
TOEFL iBT, rentangan nilai yang diberikan adalah dari 0 sampai 120. Sedangkan
dalam ITP, rentangan nilai ini masih dibagi dalam dua level berdasarkan tingkat
kemampuan peserta tes. Level pertama ( intermediate to advanced ) memiliki
rentangan skor dari 310 sampai 677. Lalu, level kedua ( high beginning to
intermediate ) menggunakan rentangan nilai dari 200-500.
Perbedaan
selanjutnya adalah masalah teknis pelaksanaannya. Pada TOEFL ITP, tes dilakukan
secara tertulis. Selain itu, tes ini lebih fleksibel karena tes bisa
diselenggarakan sendiri oleh instansi tertentu dengan menentukan jadwalnya
sendiri. Dengan penyelenggaraan yang diatur sendiri, fasilitas dan staff pun
bisa berasal dari institusi tersebut, sehingga akan lebih fleksibel dan dana
tidak terlalu besar. Dalam hal penilaian, institusi tersebut bisa bekerja sama
dengan institusi yang menjadi jaringan resmi dari ETS. Sedangkan pada TOEFL
iBT, tes dilakukan secara online dengan pengawasan ketat terkait dengan materi
serta persyaratan yang harus dipenuhi. Selain itu, tes ini diselenggarakan
langsung oleh oleh ETS sehingga jadwal tidak bisa fleksibel karena harus
mengikuti jadwal yang telah dibuat oleh ETS sejak jauh hari. Tes ini juga bisa
jadi lebih mahal dibandingkan TOEFL ITP. Penilaian pun dilakukan lebih ketat
karena dilakukan secara otomatis dan manual ( diteliti oleh staff tertentu ).
Lalu,
perbedaan selanjutnya adalah mengenai tujuan dan fungsinya. Dari segi
tujuannya, Official TOEFL test ini digunakan untuk melihat kemampuan seseorang
dalam menggunakan bahasa Inggris untuk keperluan melanjutkan studi dan juga
bekerja di negara lain yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama
dalam komunikasi. Dengan demikian, hasil dari tes ini diakui secara luas di
berbagai institusi pendidikan dan instansi non-akademis. Tes ini bahkan bisa
dibilang menjadi salah satu prasyarat penting bagi orang yang inginmelajutkan
pendidikan dan bekerja di luar negeri. Sedangkan, ITP test lebih digunakan
secara intern dan tidak bisa digunakan secara luas layaknya official TOEFL test
seperti iBT test. Umumnya, ITP test lebih digunakan sebagai syarat masuk dan
kelulusan dari suatu institusi pendidikan tinggi. Selain itu, tes ini juga
digunakan sebagai salah satu placement test. Beberapa institusi juga menggunakan
ITP test untuk melihat perkembangan peserta didiknya dalam menggunakan Bahasa
Inggris, terutama yang non-verbal. Hasil dari test ini juga kadang digunakan
sebagai prasyarat untuk mengajukan beasiswa pendidikan.
Contoh Soal TOEFL Structure
1. _____ the demands of aerospace, medicine,
and agriculture, aengineers, are creating exotic new metallic substances.
(A) Meet
(B) Being met are
(C) To meet
(D) They are meeting
(A) Meet
(B) Being met are
(C) To meet
(D) They are meeting
2. _______ James A. Bland, “Carry Me Back to
Old Virginny” was adopted is the state song of Virginia in 1940.
(A) Was written b
(B) His writing was
(C) He wrote the
(D) Written by
(A) Was written b
(B) His writing was
(C) He wrote the
(D) Written by
3. Mary Garden, ______ the early 1900’s was
considered one of the best singing actresses of her time.
(A) a soprano was popular
(B) in a popular soprano
(C) was a popular soprano
(D) a popular soprano in
(A) a soprano was popular
(B) in a popular soprano
(C) was a popular soprano
(D) a popular soprano in
4. In the realm of psychological theory
Margaret F. Washburn was a dualist _____ that motor phenomena have an essential
role in psychology.
(A) who she believed
(B) who believed
(C) believed
(D) who did she believe
(A) who she believed
(B) who believed
(C) believed
(D) who did she believe
Contoh
Soal TOEFL Written Expression
16. On Ellesmere Island in the Arctic one
fossil forest consist of a nearly hundred
A B
large stumps scattered on an exposed coal bed.
C D
A B
large stumps scattered on an exposed coal bed.
C D
17. The surface conditions on the planet Mars are the more like the Earth’s than are
A B C
those of any other planet in the solar system.
D
A B C
those of any other planet in the solar system.
D
18. The midnight sun is a phenomenon in which the Sun visible remains in the
sky
A B C
for twenty-four hours or longer.
D
A B C
for twenty-four hours or longer.
D
19. The Humber River and its valley form a major salmon-fishing, lumbering, hunting,
A B C
and farmer region in western Newfoundland, Canada.
D
A B C
and farmer region in western Newfoundland, Canada.
D
Pembahasan Soal dan Jawaban
A. Structure
1. Jawab : (C) To meet
Keyword : the demands of aerospace
Pembahasan : Pola infinitive phrase: to infinitive + object of to infinitive
Kalimat tersebut menyatakan tujuan atau maksud. Maka dibutuhkan to infinitive prhase.
Sehingg pilihan phrase yang tepat untuk mengisi rumpang tersebut adalah to meet.
1. Jawab : (C) To meet
Keyword : the demands of aerospace
Pembahasan : Pola infinitive phrase: to infinitive + object of to infinitive
Kalimat tersebut menyatakan tujuan atau maksud. Maka dibutuhkan to infinitive prhase.
Sehingg pilihan phrase yang tepat untuk mengisi rumpang tersebut adalah to meet.
2. Jawab
: (D) Written by
Keyword : James A. Bland
Pembahasan : Kalimat di atas membutuhkan Adjective Phrase untuk menerangkan kata benda “Carry Me Back to Old Virginny”.
Frasa ajektif yang paling tepat adalah Written by. Mengapa disebut frasa ajektif, karea past participle (v3) yang
tidak ditemani bentuk be atau have adalah sebuah ajektif.
Keyword : James A. Bland
Pembahasan : Kalimat di atas membutuhkan Adjective Phrase untuk menerangkan kata benda “Carry Me Back to Old Virginny”.
Frasa ajektif yang paling tepat adalah Written by. Mengapa disebut frasa ajektif, karea past participle (v3) yang
tidak ditemani bentuk be atau have adalah sebuah ajektif.
3. Jawab
: (D) a popular soprano in
Keyword : Mary Garden
Pembahasan : Kalimat pada soal membutuhkan Appositive Phrase. Mary Garden dan appositive phrase (a popular soprano)
memiliki makna yang sama. Maka jawaban yang tepat adalah a popular soprano in.
Keyword : Mary Garden
Pembahasan : Kalimat pada soal membutuhkan Appositive Phrase. Mary Garden dan appositive phrase (a popular soprano)
memiliki makna yang sama. Maka jawaban yang tepat adalah a popular soprano in.
4. Jawab
: (B) Who believed
Keyword : a dualist
Pembahasan : Pola adjective clause : (Conj. + S + V).
Untuk menerangkan kata benda a dualist maka klausa yang tepat adalah who believed.
Keyword : a dualist
Pembahasan : Pola adjective clause : (Conj. + S + V).
Untuk menerangkan kata benda a dualist maka klausa yang tepat adalah who believed.
B. Written Expression.
16. Jawab : (B) a nearly
Keyword : hundred large stumps
Pembahasan : a nearly -> nearly
Kata “a nearly” tidak memerlukan indefinite article/determiner “a”, karena kata benda stumps adalah plural.
16. Jawab : (B) a nearly
Keyword : hundred large stumps
Pembahasan : a nearly -> nearly
Kata “a nearly” tidak memerlukan indefinite article/determiner “a”, karena kata benda stumps adalah plural.
17. Jawab
: (B) The more
Keyword : the planet Mars
Pembahasan : the more -> more
Pola comparative: more ___ than ___
Maka seharusnya tidak perlu definite article “the” tapi cukup “more” saja.
Keyword : the planet Mars
Pembahasan : the more -> more
Pola comparative: more ___ than ___
Maka seharusnya tidak perlu definite article “the” tapi cukup “more” saja.
18. Jawab
: (B) visible remains
Keyword : the sun
Pembahasan : visible remains -> remains visible
Kata the sun dalam anak kalimat di atas memerlukan predicate bukan noun phrase (visible remains).
Yang tepat seharusnya remains visible.
Keyword : the sun
Pembahasan : visible remains -> remains visible
Kata the sun dalam anak kalimat di atas memerlukan predicate bukan noun phrase (visible remains).
Yang tepat seharusnya remains visible.
19. Jawab
: (D) farmer
Keyword : and
Pembahasan : farmer -> farming
Konjungsi and digunakan untuk menghubungkan kelas kata yang sederajat. Karena sebelum “and” bentuk
katanya adalah gerund maka kata farmer seharusnya diubah dalam bentuk gerund juga yaitu
Keyword : and
Pembahasan : farmer -> farming
Konjungsi and digunakan untuk menghubungkan kelas kata yang sederajat. Karena sebelum “and” bentuk
katanya adalah gerund maka kata farmer seharusnya diubah dalam bentuk gerund juga yaitu
Referensi:
No comments:
Post a Comment